Kamis, 19 Februari 2009

Prolog

Saya mendirikan sebuah rumah baca kecil berukuran 3,5 x 10 meter di Desa Prigi, Kelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.
Awalnya saya mempunyai sebuah perpustakaan kecil di rumah yang diperuntukkan bagi anggota keluarga. Buku-buku yang ada di perpustakaan rumah tersebut kurang lebih berjumlah 1000 buah dan kebanyakan bertema anak-anak.
Melihat koleksi buku yang lumayan banyak tersebut, saya kemudian berpikir alangkah baiknya jika buku-buku ini bisa dibaca oleh orang lain, terutama oleh anak-anak lain. Dengan tujuan untuk membangkitkan budaya membaca, terutama di kalangan anak-anak, akhirnya saya pun mendirikan sebuah rumah baca yang diberi nama “Pelangi”.
Pada tanggal 7 Februari 2008, rumah baca Pelangi diresmikan. Pada acara peresmian tersebut, saya mengundang orang-orang yang memiliki minat membaca dan mendukung didirikannya rumah baca Pelangi ini. Diantara tamu-tamu undangan yang hadir, ada beberapa orang yang menjadi donator buku-buku untuk rumah baca Pelangi. Dengan buku-buku yang berasal dari perpustakaan kecil di rumah saya, ditambah dengan buku-buku dari para donator, hingga saat ini koleksi buku yang dimiliki oleh rumah baca Pelangi telah berjumlah kurang lebih 2000 buku.
Antusiasme masyarakat terutama anak-anak terhadap kehadiran rumah baca Pelangi ternyata cukup tinggi. Sejak awal pembukaan sampai dengan hari ini, pengunjung rumah baca Pelangi setiap harinya berjumlah kurang lebih 30 orang.
Melihat antusiasme tersebut, dalam hati saya bertanya apakah di Sidikalang di Kabupaten Dairi perlu dibuat rumah baca seperti ini. Mengingat minat baca terutama di kalangan anak-anak saat ini semakin menurun, diharapkan dengan hadirnya rumah baca di sekitar lingkungan tempat tinggal dapat membangkitkan semangat membaca kembali di kalangan anak-anak pada khususnya, dan masyarakat sekitar pada umumnya.
Dengan adanya rumah baca diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak untuk menggemari aktivitas membaca dan menambah pengetahuan mereka melalui buku-buku bacaan yang bermanfaat.

1 komentar:

  1. Jaman sekarang jarang sekali kepikiran di benak kita untuk ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.tapi rumah baca pelangi ini nampaknya ingin mendongkrak masyarakat bangsa indonesia ini menjadi masyarakat yang berwawasan tinggi.
    semoga sukses....

    BalasHapus